Masukkan nama Anda di sini
Masukkan alamat email Anda di sini
+62
Masukkan nomor handphone
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi
Kami menghargai privasi Anda. Data pribadi Anda aman bersama kami.

Terima kasih!

Kami telah menerima pengajuan Anda dan kami akan segera menghubungi Anda.
Namun Anda juga dapat menghubungi kami di nomor 021-799 00 77

  • 2021 Toyota 86
    RP 16,698,563/Bulan RP 830,000,000

Sorotan utama

Tampilan sporty Interior kombinasi sporty dan elegan Cocok bagi penggemar kecepatan
Cukup nyaman untuk 4 orang Performa mesin bisa diandalkan Mempunyai fitur keselamatan VSC

Tinjauan

Toyota 86 atau dalam bahasa Jepang artinya ‘Hachiroku’ merupakan mobil sport terbaru milik Toyota. Dengan basis sport kupe 2+2, hadirnya mobil ini jadi jawaban untuk mobil sport bermesin 2.000 cc dan harganya masih terjangkau di kelasnya. 


Mobil ini sebelumnya berbasis Corolla dengan AE86 yang terkenal di dunia drifting dan hingga sekarang diasosiasikan dengan salah satu manga atau komik berjudul Initial D. 


29 tahun setelah produksi perdana Toyota Corolla AE86, Akhirnya Toyota kembangkan mobil sport ini bersama dengan Subaru hadirkan mobil sport penggerak roda belakang dengan ukuran kompak dan mesin hanya 2.000 cc. Tentunya hal tersebut diwujudkan dengan konsep FT-86 dan BRZ Concept. 


Debut perdana Toyota 86 di Tokyo Motor Show 2011 dapat respon sangat antusias dan hal ini membuat penjualan Toyota 86 di seluruh dunia meroket tajam. Sebelum itu, Toyota 86 masuk ke pasar Amerika Serikat di rebadge sebagai Scion FR-S. 


Sedangkan di Indonesia, mobil sport ini masuk ke Indonesia pada tanggal 1 Juni 2012 dan saat itu dibanderol Rp 600 Juta untuk tipe manual dan model tertinggi harganya mencapai Rp 636 juta. Saat ini Toyota 86 hanya tersedia satu varian dengan pilihan interior dengan warna Black and Red serta interior Black saja harganya Rp 830 juta. 


Dengan harga yang terjangkau untuk ukuran kupe sport, Toyota 86 mudah diterima oleh masyarakat dan juga penggemar otomotif di Indonesia saat itu. Terutama transmisi manual pada Toyota 86 dinilai lebih fun to drive ketimbang transmisi otomatis.


Sebagai mobil sport kupe tentu saja banyak yang gemari mobil ini. Termasuk mesin boxer buatan Subaru yang disematkan oleh Toyota menambah keasyikan tersendiri terutama untuk handling mobil ini. 


Berikut ini ulasan terlengkap tentang Toyota 86 mulai dari eksterior, interior dan mesin yang disematkan beserta fiturnya. 


Eksterior Toyota 86 


Kalau lihat eksterior toyota 86 bakal melihat konsep dari FT 86 yang sempat hadir di game Gran Turismo. Secara desain masih mirip bahkan desain eksterior untuk mobil sport kupe tergolong sederhana tanpa ada spoiler besar atau body kit pendukung aerodinamis. 


Semua itu sudah diperhitungkan dan masuk ke desain bodi dari mobil ini. Seperti gril bodi terlihat besar untuk menunjang intercooler turbo pada mesin boxer Toyota 86. 


Headlamp dengan proyektor dan daytime running light desainnya sangat simpel dan model headlampnya diikuti oleh kembarannya, Subaru BRZ yang mengadopsi desain yang sama dengan mobil ini. 


Beralih ke pilar samping dari depan ke belakang terlihat garis bodi aerodinamis sekali. Hal ini didukung dengan bagian belakang dengan sedikit spoiler yang menyatu bersama bodi. Hal ini berikan kesan menarik sekali. 


Tambahan spoiler di pintu bagasi berikan tambahan aerodinamika pada mobil ini. Dan dua lubang knalpot beserta lampu di bawahnya menandakan kalau mobil ini siap untuk digunakan buat jalan-jalan di hari minggu. 


Semua itu didukung dengan velg berukuran 215/45R17 dan perpaduan suspensi Macpherson Strut untuk suspensi depan dan Torsion beam untuk belakang. Semuanya mendukung gaya berkendara fun to drive buat mobil ini. 


Interior Toyota 86


Buat interior mobil sport seperti Toyota 86 harus mudah dijangkau oleh tangan dan kemudi. Itulah yang membuat interior mobil ini begitu nyaman buat ukuran mobil sport. Seperti dasbor dengan motif karbon dan sentuhan warna silver dipadu dengan hitam pertegas konsep sport car pada mobil ini. 


Instrument cluster 86 seperti menunjukkan kemampuan mobil sport dengan penempatan tachometer berwarna putih dan sentuhan jarum berwarna merah diletakkan di tengah dengan speedometer berada di kanan dan MID (Multi Information Display) berada di kiri. 


Meskipun terlihat konvensional, namun MID tetap tersedia dengan informasi yang dibutuhkan seperti penunjuk kecepatan dan perpindahan gigi, konsumsi bbm, jarum tangki bensin dan beragam informasi terlihat jelas dari instrument panel Toyota 86. 


Setirnya pun dilengkapi dengan audio steering switch dan cruise control. Tidak lupa paddle shift diletakkan di belakang setir layaknya mobil balap. Tentunya dibalut dengan kulit yang memiliki alur jahitan berwarna merah. 


Head unit layar sentuh hadir di mobil ini dengan tombol AC digital dan semua tombol fitur tersedia dalam satu tempat yang mudah dijangkau oleh tangan pengemudi. Termasuk rem tangan pun enak digenggam dan tidak jauh dari tongkat transmisi. 


Jok semi bucket jadi standar buat Toyota 86, Dengan pemilihan motif warna merah dan desainnya sanggup memeluk tubuh saat melakukan akselerasi ataupun manuver di jalanan ataupun sirkuit. 


Toyota Indonesia menyediakan dua pilihan warna interior untuk Toyota 86 dengan pilihan dua warna hitam dan merah serta warna hitam secara keseluruhan. 



Fitur Toyota 86

Sebagai mobil sport tentu banyak fitur-fitur fokusnya ke keselamatan dalam berkendara. Terutama karakter mobil ini berbeda dengan mobil biasa umumnya. Tentu saja beberapa fitur keselamatan ini membantu pengemudi saat berkendara dengan mobil ini. 


Mulai dari Traction control dan Vehicle Stability Control, pasti sudah ada di mobil ini. Buat pengemudi yang sudah mahir dan bisa kendalikan mobil ini atau sedang di sirkuit untuk fun drive mungkin saja bisa mematikan fitur ini agar efek fun to drive tetap terasa sekali. 


Tentu saja semua itu bisa dilakukan dengan mengubahnya jadi track mode yang tersedia di mobil ini.  Maka sistem stabilitas pun diatur oleh komputer dan reaksinya minimal sekali.


Selain itu, airbag untuk penumpang dan pengemudi ditambah airbag samping sudah tersedia dan melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera serius. 


Sedangkan sistem pengereman sudah terdapat ABS, EBD dan Brake Assist. Cukup mumpuni untuk pengereman mendadak. 


Mesin Toyota 86 


Diketahui Toyota gunakan mesin boxer sebagai mesin utama untuk Toyota 86. Selain kerjasama dengan Subaru Toyota sendiri punya alasan memakai mesin dengan konfigurasi mesin datar.  Tujuannya, supaya gravitasi yang dihasilkan lebih rendah dan efeknya ke handling lebih optimal buat mobil sport seperti 86 ini. 


Seperti diketahui, bobot rasio antara mesin dengan penggerak roda belakang pada Toyota 86 sangat mempengaruhi gravitasi mobil. 


Hasilnya, gravitasi lebih rendah dan handling lebih baik yang berefek ke Fun To Drive mobil ini meningkat. Alhasil inilah keunggulannya dari mobil ini. 


Buat mesinnya Toyota 86 percayakan mesin boxer sebagai mesin yang cocok dengan mobil ini. Dengan kapasitas mesin 1.998 cc 4U-GSE boxer 4 silinder dengan tenaga maksimum 197 hp pada putaran 7.000 rpm dan torsi maksimal 205 Nm pada 6.600 rpm. 


Tentu saja tenaga dan torsi sebesar itu disalurkan oleh transmisi otomatis 6 percepatan dengan penggerak roda belakang. Disematkan Limited Slip Differential dan Traction Control supaya tidak terjadi slip saat berakselerasi. 


Soal konsumsi BBM Toyota 86, Tidak kaget kalau mobil sport ini masih tergolong hemat bbm. Karena Toyota klaim kalau konsumsi BBM Toyota 86 bisa mencapai 1: 9,6 km per liter untuk dalam kota. Untuk ukuran mobil sport bermesin 2.000 cc boxer masih irit. 


Bandingkan dengan konsumsi BBM di luar kota, bisa mencapai 1:12,75 Km per liter. Sangat irit buat perjalanan ke luar kota dengan Toyota 86. Konsumsi bahan bakar untuk mobil sport untuk ukuran mobil ini sangat baik.  









Penawaran eksklusif untuk Anda

Dapatkan September Penawaran spesial dari dealer resmi di dekat Anda!
ATAU

Spesifikasi Utama

  • Tipe bodi: Sports Car
  • Transmisi: Automatic
  • Kapasitas mesin: 2000 cc
  • Tipe bahan bakar: petrol
  • Kapasitas kursi: 2
  • Harga: RP 830,000,000

Spesifikasi Utama

  • Tipe bodi: Sports Car
  • Transmisi: Automatic
  • Kapasitas mesin: 2000 cc
  • Tipe bahan bakar: petrol
  • Kapasitas kursi: 2
  • Harga: RP 830,000,000

Ulasan Pengguna tentang Toyota 86

5.0 Istimewa
Penilaian Keseluruhan
Performa
Desain Interior
Keamanan
Desain Eksterior
Tampilkan 1 ulasan berdasarkan urutan Tahun terakhir
5 Istimewa
Rahmat
Pemilik Kendaraan 2018 Toyota 86

Review toyota 86

Mobil sport besutan Toyota pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 2011. Diluncurkan secara resmi di tahun 2012. Awalnya, untuk pasar Indonesia dinamai dengan Toyota FT 86 yang juga merupakan nama untuk pasar Amerika. Kemudian sejak tahun 2016, beralih menjadi Toyota 86, termasuk untuk pasar Asia. Eksterior Toyota 86 Soal desain eksterior, sebenarnya Toyota 86 terlihat sangat menawan. Kombinasi aura sporty dan futuristik terasa kental pada Toyota 86. Desain bodynya terlihat sangat aerodinamis dengan bonnet dan kaca belakang yang sangat landai. Desainnya timeless, bahkan terlihat lebih eye-catching dibandingkan dengan Honda Civic Type-R seharga 1 miliar. Namun, desain memang subjektif dan kembali ke selera masing-masing. Desain lampu depannya sangat khas dan mudah dikenali. Semua pencahayaan pada bagian depan menyinari jalanan dengan warna putih, mulai dari DRL, headlamp, hingga foglamp. Moncongnya meruncing dengan grille depan masuk ke dalam untuk mengurangi drag terhadap angin. Sama halnya dengan bagian depan, bagian belakangnya juga mudah dikenali. Cluster lampu belakang menggunakan LED dengan desain yang unik dan sporty. Kesan sporty itu semakin kental dengan terpasangnya spoiler pada bagian belakang yang landai untuk menambah downforce ketika dipacu pada kecepatan tinggi. Tidak lupa pula dua buah muffler tip dengan chrome finishing terpasang pada bumper belakang. Velg 17 inch yang biasanya terlihat kecil pada mobil sport, malah terlihat serasi dengan bodynya yang kompak. Tampilan samping memang tak kalah sporty dengan hanya ada 1 handle pintu di tiap sisi. Hanya saja, sebagai mobil sport, ground clearancenya yang rendah mungkin hanya ideal digunakan pada jalanan aspal yang mulus. Spesifikasi Eksterior dan Dimensi Length: 4240 mm Width: 1775 mm Height: 1320 mm Wheelbase: 2570 mm Front Tread: 1520 mm Rear Tread: 1540 mm Curb Weight: 1298 kg Rims: 17" Alloy Wheel Tires: 215/45 R17 Interior Toyota 86 Berbeda dengan kebanyakan mobil sport yang menyuguhkan nuansa sporty yang "terlalu" kental dan terkesan melelahkan, Toyota 86 dihadirkan dengan nuansa yang sedikit lebih kalem. Interiornya didominasi dengan warna hitam dengan material dashboard berupa plastik lunak (soft-touch) pada bagian atas dashboard. Terdapat juga aksen carbon pada dashboardnya. Roda kemudinya berbentuk lingkaran sempurnya yang sebenarnya kurang menarik, namun sudah dibalut kulit dengan finishing yang rapi. Sisi kiri terdapat tombol untuk mengatur audio dan sisi kanan untuk mengatur MID. Di bagian kanan bawah juga terdapat tuas untuk cruise control. Head Unitnya sudah mengusung layar sentuh dengan Toyota Connect. Instrument meternya terlihat konvensional dengan jarum penunjuk analog namun informatif dan dilengkapi dengan layar berwarna untuk MID. Kerennya, AC digital sudah dilengkapi dengan fitur dual-zone, cukup oke untuk mobil sekecil ini. Fitur keamanan juga lengkap mulai dari dual front airbags, side airbags, side curtain airbags, ABS, EBD, BA, TRC, hingga VSC. Untuk parking brake, masih menggunakan model otot (mekanikal) yang mungkin untuk mengakomodasi kebutuhan drifting. Kelengkapan Fitur, Keselamatan, dan Keamanan: - Touchscreen Head Unit with Toyota Connect - Steering Wheel Audio Control - Cruise Control - Leather Wrapped Steering Wheel - 4.2" Color TFT MID - Dual Zone Digital AC Climate Control - Carbon Garnish Dashboard Finishing - Soft-padded Dashboard Material - Tilt & Telescopic Steering - Leather Seats - Bucket Seats - Adjustable Projector Headlight - LED DRLs - LED Rear Combinanation Lamps - Front Fender Garnish - Sporty Rear Spoiler - Dual Muffler Cutter - Shark Fin Antenna - Dual Front Airbags - Side Airbags - Side Curtain Airbags - ABS - EBD - Brake Assist - Traction Control - VSC - Enhanced Body Structure - Engine Immobilizer Performa Mesin dan Impresi Mengemudi Toyota 86 Toyota 86 dibekali dengan mesin yang sama dengan Subaru BRZ, yaitu FA20D 4 silinder berkapasitas 2000 cc. Tenaga yang dihasilkan cukup besar, mencapai 200 PS pada putaran mesin 7000 rpm dan torsi puncak sebesar 205 Nm pada putaran mesin 6600 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. Meskipun tenaganya cukup besar, putaran mesin yang dibutuhkan terasa terlalu tinggi. Torsi puncaknya juga dicapai pada putaran yang sangat tinggi, yaitu 6600 rpm. Oleh karena itu, mobil ini sebenarnya kurang cocok untuk sehari-hari meskipun dimensinya kompak (tidak lebih panjang dari Toyota Vios). Ground clearancenya juga tidak memungkinkan untuk melewati polisi tidur yang tinggi. Untuk performa yang maksimum, varian bertransmisi manual memungkinkan anda untuk mengeksporasi tenaga yang lebih baik. Transmisi maticnya selain membatasi rpm, juga belum mengadopsi dual-clutch. Urusan handling, Toyota 86 memiliki karakter pengemudian yang presisi. Selain atap dan ground clearance yang rendah, center of gravity-nya juga rendah. Penggunaan penggerak roda belakang dan fitur traction control juga dapat mengurangi gejala spinning pada ban ketika berakselerasi secara tiba-tiba. Untuk bantingan suspensi, meskipun stiff, namun masih terasa empuk untuk ukuran mobil sport. Suspensi full independent dengan double wishbone pada bagian belakang mungkin dapat anda rasakan pada mobil ini. Spesifikasi Mesin, Transmisi, dan Suspensi Engine: 2.0L FA20D / 4U-GSE DOHC Configuration: 4 in-line cylinder, 16 valve Displacement: 1998 cc Bore x Stroke: 86 x 86 mm Compression Ratio: 12.5:1 Fuel: Gasoline Fuel System: EFI, D4-S Fuel Tank Capacity: 50 liters Max Power: 200 PS / 7000 rpm Max Torque: 205 Nm / 6600 rpm Steering: Rack & Pinion with EPS Transmission: 6-speed M/T, 6-speed A/T Drive System: Rear Wheel Drive (RWD) Front Suspension: MacPherson Strut Rear Suspension: Double Wishbone Front Brakes: Ventilated Disc Rear Brakes: Ventilated Disc Kelebihan dan Kekurangan Toyota 86 Kelebihan: - Mesin N/A bertenaga hingga 200 PS - Transmisi cekatan - Handling presisi - Suspensi tidak terlalu stiff untuk mobil sport - Aerodinamis dengan tinggi hanya 1.3 meter saja - Dimensi cukup praktis - Harga tergolong murah, lebih murah dari Civic Type-R - Part mesin bisa disubstitusikan dengan Subaru BRZ - Brand image Toyota Kekurangan: - Sports tanpa turbo - Transmisi matic belum dual-clutch - Membutuhkan rpm yang tinggi untuk merasakan torsi dan tenaganya - GC terlalau rendah - Baris belakang hanya muat anak-anak - Tidak ada atap convertibel - Kurangi
8 orang menilai ulasan ini membantu

Berita terbaru

Mobil serupa

Video Terbaru

2021 Toyota 86
RP 16,698,563/Bulan RP 830,000,000
2021 Toyota 86
RP 16,698,563/Bulan RP 830,000,000

Whatsapp

Hai, siapa nama Anda?
+62
Masukkan nomor handphone