Masukkan nama Anda di sini
Masukkan alamat email Anda di sini
+62
Masukkan nomor handphone
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi
Kami menghargai privasi Anda. Data pribadi Anda aman bersama kami.

Terima kasih!

Kami telah menerima pengajuan Anda dan kami akan segera menghubungi Anda.
Namun Anda juga dapat menghubungi kami di nomor 021-799 00 77

  • 2022 Suzuki Karimun Wagon R
    RP 2,705,972/Bulan RP 134,500,000

Sorotan utama

Desain eksterior yang unik Kabin yang nyaman Kabin ergonomis
Bahan bakar irit Mesin mudah dirawat Handling cukup baik

Tinjauan

Suzuki Karimun Wagon R diluncurkan pada ajang Indonesia International Auto Show 2013 di Jakarta. Kehadirannya waktu itu sebagai bentuk keterlibatan Suzuki dalam mengikuti program pemerintah, yaitu Low Cost Green Car dimana semua mobil yang berpartisipasi disini merupakan mobil hemat bahan bakar dan terjangkau. 


Kehadiran Karimun Wagon R berikan pilihan baru sekaligus melanjutkan kiprah Suzuki Karimun di Indonesia. Karena Karimun sendiri hadir di Indonesia semenjak tahun 1998 dan jadi bagian dari Suzuki di Indonesia. 


Desainnya mengambil basis dari Maruti Suzuki Wagon R dengan kode MP31S. Kode bodi ini bentuknya lebih mengotak dengan tampilan lebih modern dan dinamis. Tentu saja mobil LCGC seperti ini tidak memiliki transmisi otomatis seperti model lainnya. 


Karimun Wagon R ditawarkan dalam 6 varian, yaitu GA M/T, Blind Van M/T, GL M/T, GL AGS, GS M/T dan GS AGS. 


Harganya sendiri buat ukuran mobil ini tergolong murah meskipun ukuran mesin dan dimensi tetap sama dari awal kehadirannya. Tidak ada yang berubah hanya pembaruan sedikit agar bisa menyesuaikan dengan aturan pemerintah dan setidaknya menambah keinginan masyarakat akan mobil murah. 


Salah satunya tipe GA dibanderol Rp 122 juta sudah bertemu dengan mobil di tipe terendah juga. Tetapi, tipe tertinggi tetap saja terasa mahal karena model lainnya bisa dibawah dari harga yang dibanderol oleh Suzuki. 


Berikut ini ulasan lengkap tentang Suzuki Karimun Wagon R mulai dari eksterior, interior, fitur dan mesin yang tersemat di model ini. 


Eksterior 


Tampilan luar Suzuki Karimun Wagon R sangatlah menarik dan sederhana. Terutama untuk tipe GL dan GA masih gunakan tampilan lama dengan lampu utama halogen dan tanpa kehadiran fog lamp di bagian bumper keduanya. 


Sedangkan tipe GS, sudah mengadopsi tampilan Stingray dengan lampu utama sudah proyektor dan buat kap mesin terlihat lebih lurus tegak dibandingkan model dibawahnya. Apalagi bentuknya lebih menarik dengan grill yang sangat modern untuk ukuran mobil LCGC. 


Selain itu tampilan samping tetap sama dan terlihat mirip dengan Karimun saat awal masuk ke Indonesia. Bentuk mengotak jadikan model ini seperti nostalgia kembali ke masa lalu dimana Karimun Wagon R masih berbentuk kotak dan banyak peminatnya. 


Dan berpindah ke bagian belakang terasa sekali bentuknya sederhana tanpa banyak aksesoris seperti mobil lainnya di kelas LCGC. Mungkin saja Suzuki inginkan kesan sederhana pada model ini. 


Tampilan pintu bagasi pun sederhana dengan kaca belakang sangat besar dengan wiper belakang hadir untuk membantu visibilitas. 


Soal ban, dibalut dengan ukuran 13 inch tidak jadi masalah buat mobil ini dan pastinya membuat manuver dan irit bahan bakar bukan. 


Sedangkan velg untuk GS sudah memakai velg berukuran 14 inch dengan tampilan lebih sporty dan menarik perhatian. 


Sekilas tampilan sederhana dari Suzuki Karimun Wagon R ini benar menunjukkan seperti apa mobil murah itu. Dengan harga yang tentu saja tidak terjangkau lagi dan tambahan fitur baru untuk mobil ini.


Interior 


Untuk interiornya tetap sama dengan model sebelumnya namun sekarang diberikan head unit menyatu dengan dasbor dan sedikit warna terang pada bagian tertentu. Bahkan warna cream ini digunakan oleh mobil ini agar terlihat lebih cerah dan tidak terlalu murahan. 


Untuk tampilan dasbor tetap sederhana dengan head unit menyatu dan warna dari panel tengah cukup menawan sekali. Dengan sedikit garis berwarna silver sudah berikan kesan elegan pada mobil murah ini. 


Balik ke konsol tengah terdapat tuas transmisi manual ataupun AGS terpasang rapih meskipun kelihatan ada yang kurang pada bagian tertentu, namun untuk konsol tengah bisa berfungsi maksimal. 


Sedangkan panel instrumen sendiri lebih sederhana dengan tampilan tachometer dan speedometer tidak lupa gear shift indicator membantu saat pergantian gigi dalam kondisi tertentu. 


Buat joknya sendiri tetap sama seperti LCGC lainnya tanpa headrest tidak ada arm rest karena biaya ditekan seminimal mungkin. Alhasil banyak sekali yang dikurangi dan tentu saja tidak seperti mobil LCGC umumnya. 


Untuk hiburannya sendiri buat mobil LCGC seperti Karimun Wagon R sayangnya masih gunakan radio FM dan CD dengan bluetooth sebagai hiburan. TIdak ada namanya layar sentuh monitor pada mobil ini. Sehingga, penampilannya terlihat sederhana sekali untuk ukuran LCGC. 


Door trim pun tidak terlihat ada material dari kain ataupun soft material seperti mobil lainnya. Hanya terdiri dari plastik dengan warna silver. Meskipun kesan yang ditonjolkan di mobil ini adalah mobil murah tetap saja dipertahankan hingga sekarang tanpa ada peningkatan dari segi interior. 


Menariknya bagian belakang untuk naik dan turunkan kaca masih percaya model manual alias tanpa power window. Iya, masih gunakan engkol untuk membuka kaca belakang dibandingkan kaca depan sudah gunakan power window. 


Dibalik itu semua, tempat penyimpanan untuk mobil ini terbilang menarik dan banyak. Termasuk penyimpanan tertutup di balik jok penumpang depan. Sangat mudah dioperasikan dan menaruh barang apapun dibawah jok lebih mudah untuk diakses dibandingkan meletakkan barang di tempat lain. 


Fitur 


 Soal fitur mungkin inilah LCGC dengan fitur kurang lengkap dibandingkan model lainnya. Meskipun harga yang dibanderol hampir sama dengan mobil LCGC yang dijual di Indonesia. Mungkin saja awalnya mobil ini dibuat agar terjangkau dengan konsumen di Indonesia dari segala kalangan termasuk untuk keperluan fleet kantor. 


Seperti Airbag hanya untuk pengemudi saja sedangkan penumpang tidak dapat airbag. Selain itu, safety belt tersedia namun itu semua sudah memenuhi syarat untuk keselamatan buat pengemudi mobil tersebut. 


Sayangnya untuk hiburan dan lainnya kurang banyak pilihan serta lebih menitikberatkan sebagai mobil pertama. Alhasil banyak yang kurang dan mungkin saja sebagai mobil pertama rasanya sudah pas untuk fitur yang diberikan. 


Mesin 


Soal mesin berkapasitas 998 cc dengan tenaga mencapai 67 hp di 6.200 rpm sedangkan torsinya mendapatkan 90 Nm pada 3.500 rpm. Sungguh tenaga mesin yang mungil dengan 3 silinder membuktikan kalau mobil ini benar-benar irit bahan bakar. 


Dengan konsumsi bahan bakar yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bisa mencapai 1:21 km per liter. Sungguh buat mobil LCGC sangat irit bukan, tentunya semua ini tergantung dengan kondisi jalan dan gaya berkendara. 



Penawaran eksklusif untuk Anda

Dapatkan Mei Penawaran spesial dari dealer resmi di dekat Anda!
ATAU

Spesifikasi Utama

  • Tipe bodi: Hatchback
  • Transmisi: Manual/Automatic
  • Kapasitas mesin: 998 cc
  • Tipe bahan bakar: petrol
  • Kapasitas kursi: 2 - 5
  • Harga: RP 134,500,000 - RP 159,000,000

Ulasan Pengguna tentang Suzuki Karimun Wagon R

4.0 Sangat Baik
Penilaian Keseluruhan
Performa
Desain Interior
Keamanan
Desain Eksterior
Tampilkan 5 ulasan berdasarkan urutan Tahun terakhir
4 Sangat Baik
Mazzbuds
Pemilik Kendaraan 2015 Suzuki Karimun Wagon R

Murah tapi tidak murahan

BBM irit, mesin 1000cc cukup bertenaga namun agak bergetar ciri khas 3 silinder. Transmisi automatis kurang responsif. Lebih enak di mode manual. Build quality baik. Kabin luas padahal mobilnya kecil. Maintenance mudah dan murah, kecuali di bagian transmisi otomatis perlu perhatian lebih. Secara keseluruhan mobil ini sangat bisa diandalkan. - Kurangi
11 orang menilai ulasan ini membantu
4 Sangat Baik
Echi
Pemilik Kendaraan 2015 Suzuki Karimun Wagon R

mesin irit dan bandel

walawpun hanya 1000cc tp karimun wagon R ini sangat bandel di beberapa medan jalan.. saat mobil2 lain tdk kuat nanjak tinggi,,karimun masih bisa utk nanjak di jalan2 perbukitan,, hanya modal rutin ganti oli saja,,mesin2 karimun mampu tahan lama... - Kurangi
48 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Taufik
Pemilik Kendaraan 2014 Suzuki Karimun Wagon R

Karimun wagon r mobil terbaik irit bbm

Gesit lincah tenaga besar dan bbm sangat irit - Kurangi
10 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Indra
Pemilik Kendaraan 2014 Suzuki Karimun Wagon R

Lumayan hemat, tenaga masih ok, kaki2 enak nyaman

BBM hanya 100rb per pekan dalam kota kantor rumah kurleb 30km Enak lah pokoknya - Kurangi
27 orang menilai ulasan ini membantu
2 Cukup Baik
Kadek
Pemilik Kendaraan 2013 Suzuki Karimun Wagon R

Simple dan elegan

Mungil, gesit dan irit BBM - Kurangi
5 orang menilai ulasan ini membantu

Berita terbaru

Mobil serupa

2022 Suzuki Karimun Wagon R
RP 2,705,972/Bulan RP 134,500,000
2022 Suzuki Karimun Wagon R
RP 2,705,972/Bulan RP 134,500,000

Whatsapp

Hai, siapa nama Anda?
+62
Masukkan nomor handphone