Masukkan nama Anda di sini
Masukkan alamat email Anda di sini
+62
Masukkan nomor handphone
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi
Kami menghargai privasi Anda. Data pribadi Anda aman bersama kami.

Terima kasih!

Kami telah menerima pengajuan Anda dan kami akan segera menghubungi Anda.
Namun Anda juga dapat menghubungi kami di nomor 021-799 00 77

  • 2021 Suzuki Ertiga
    RP 4,061,976/Bulan RP 201,900,000

Sorotan utama

Low MPV yang banyak diminati Tampilan eksterior menarik Kabin ergonomis
Interior untuk 7 penumpang Varian mesin diesel Cocok digunakan di dalam dan luar kota

Tinjauan

Pada awal 2020 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia secara diam-diam memperbarui All New Suzuki Ertiga tipe GL, GX, dan Suzuki Sport yang masuk daftar mobil baru mereka. Menariknya, ketiga varian mobil ini mendapatkan ubahan tanpa ada seremoni apapun.

All New Ertiga hadir dengan dua pilihan warna baru, yaitu Glorius Brown Pearl Metallic dan Magma Grey Metallic.

Perubahan yang cukup signifikan terlihat pada bagian interiornya. Ertiga tipe GL, GX, dan Suzuki Sport kini memiliki second row center armrest. Untuk bagian mesin, ketiganya dibenamkan mesin bensin K15B yang diklaim memiliki efisiensi bahan bakar sangat baik,

Dengan adanya pembaruan ini, maka tentu ada perubahan harga Suzuki Ertiga, namun masih cukup terjangkau bagi semua kalangan konsumen; di bawah Rp300 juta untuk semua tipe. Berdasarkan website resmi Suzuki Indonesia, Ertiga tipe terendah ditawarkan seharga Rp210,508 jutaan dan Rp254 jutaan untuk tipe tertinggi.

Jika ditelusuri lebih lanjut, Ertiga terbaru tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya yang diluncurkan pada 2018 lalu. Namun dari bagian eksteriornya, Ertiga terbaru telah mengusung headlamp yang berdesain lebih modern dengan teknologi LED proyektor serta lampu kabut (fog lamp).

Untuk bagian jantung pacunya, Ertiga terbaru masih memiliki mesin yang sama dengan model sebelumnya, yaitu tipe K15B, DOHC (Dual Overhead Camshaft), Variable Valve Timing (VVT) dengan kapasitas kubikasi 1.462 cc seperti sudah disebutkan sebelumnya.

Ditambah, pihak Suzuki menyematkan fitur-fitur baru yang lebih fungsional untuk menambah kenyamanan dan menjamin keselamatan pada pengemudi serta penumpang mobil ini. Salah satu fiturnya adalah ABS serta EBD sebagai sistem pengereman handal di kebanyakan mobil saat ini.

Eksterior Suzuki Ertiga

Jika dilihat secara seksama, Suzuki Ertiga terlihat cukup tangguh dan modern sebagai mobil MPV (Multi Purpose Vehicle).

Mobil tersebut mempunyai ukuran dimensi cukup besar dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) 180 mm.

Suzuki Ertiga terbaru memiliki desain eksterior yang hampir sama dengan model sebelumnya. Namun jika dilihat lebih detail, sedikit ada perbedaan. Salah satu perbedaannya terletak pada bagian headlamp-nya yang mengusung ukuran lebih pipih dan terkesan sporty.

Bahkan, headlamp tersebut sudah memiliki teknologi proyektor LED dengan lampu kabut Black Bezel. Lampu ini dapat mengeluarkan pencahayaan yang terang secara maksimal saat mobilnya dibawa berkendara di malam hari atau cuaca berkabut.

Selain itu, Ertiga terbaru sudah mengusung gril berlapis krom (khusus tipe GL dan GX) dengan logo “S” khas kendaraan besutan Suzuki yang terlihat sangat elegan.

Pada bagian samping Ertiga terbaru, terdapat garis lurus cukup tegas dari depan hingga bagian buritan melalui pegangan pintu mobil yang memperlihatkan kesan dinamis dan maskulin. Ini juga menambah kesan tangguh pada mobil tersebut.

Selain itu, terdapat juga New Alloy Wheels Two Tone Black Polished yang diklaim dapat memberi kesan premium pada Ertiga terbaru. Di bagian belakang, disematkan lampu yang dirancang dengan bentuk memanjang dan sudah berteknologi LED.

Meski terang, namun lampu tersebut tidak mengganggu visibilitas pengemudi lain yang berada di belakang.

Tak hanya itu, bagian belakang Ertiga ini telah dilengkapi fitur Chrome Back Door dan sensor parkir (khusus tipe GL dan GX). Dengan adanya sensor tersebut, tentunya sangat berguna bagi pengemudi saat melakukan parkir mundur agar tidak menabrak sekelilingnya.

Secara keseluruhan, eksterior Suzuki Ertiga terbaru mendapatkan pembaruan yang mengedepankan kesan tangguh, dinamis, sporty sehingga dinilai dapat menarik minat lebih banyak calon konsumen untuk membeli mobil MPV andalan Suzuki ini.

Interior Suzuki Ertiga

Meski tidak terlalu berbeda dengan model sebelumnya, namun ada perubahan yang cukup menarik pada interior Suzuki Ertiga terbaru. Khusus untuk tipe GX, mobil ini hadir dengan dasbor baru bermotif kayu yang sudah dilengkapi Head Unit Touch Screen Audio.

Head Unit tersebut telah dilengkapi colokan USB dan panel AUX agar pengguna dapat mendengarkan musik kesukaan dari smartphone-nya dan tidak merasa bosan selama perjalanan. Selain itu, untuk menjaga kestabilan suhu di ruang kabin, Ertiga terbaru memiliki fitur Digital Panel AC Auto yang dibekali dengan Heater.

Tak hanya itu, mobil tersebut mengusung desain Meter Cluster lebih modern dengan layar MID (Multi Information Display) yang informatif. Bahkan, setir kemudi Ertiga kini sudah dibuat lebih nyaman dengan desain baru serta ornamen kayu (Wooden Pattern) yang terkesan modern.

Bahan setirnya pun berkualitas sehingga terasa nyaman saat digenggam. Agar pengemudi tidak kehilangan fokus selama berkendara, disematkan Switch Audio Control dan pengaturan Bluetooth Connection di setir kemudi Ertiga terbaru.

Di sisi lain, pihak Suzuki telah menyematkan tempat duduk berdesain fleksibel di dalam Ertiga terbaru yang memberikan kesan elegan. 

Kursi Ertiga di bagian depan sendiri sudah didesain dengan motif baru berupa Two Toned Sit Color Pattern yang dilengkapi Seat Height Adjuster sehingga tinggi tempat duduknya bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna. 

Bahkan, untuk memaksimalkan ruang kabin, di kursi baris kedua Ertiga terbaru telah disematkan Split Single Folding dan Sliding Second Row untuk memudahkan penumpang saat ingin duduk di kursi baris ketiga. 

Dengan adanya fitur-fitur ini, sektor interior atau ruang kabin Ertiga tersebut bakal mampu memberi kenyamanan sempurna pada pengemudi serta setiap penumpang agar benar-benar nyaman selama perjalanan sampai tempat tujuan.

Fitur Suzuki Ertiga

Fitur pada Suzuki Ertiga terbaru turut mendapat penyegaran dimana kini, mobil MPV tersebut sudah memiliki berbagai fitur yang cukup lengkap dan mumpuni.

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas, Ertiga terbaru telah disematkan fitur keamanan handal berupa ABS (Anti Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) sebagai sistem pengereman standar di setiap mobil kebanyakan.

Dengan adanya kedua sistem pengereman tersebut, mobil ini dapat dibawa berkendara dengan aman karena pengendalian kecepatan mobilnya bisa dilakukan secara maksimal.

Di sisi lain, pengemudi dan para penumpang Ertiga bisa merasa nyaman selama berkendara karena mobil tersebut sudah dilengkapi dasbor berdesain modern dengan memakai motif kayu dilengkapi Head Unit Touch Screen Audio, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Di dalam head unit tersebut, terdapat berbagai fitur hiburan yang dapat menghibur pengguna, serta colokan USB dan panel AUX agar bisa mendengarkan musik sesuai selera sehingga tidak akan merasa bosan berada di dalam mobilnya.

 Tak hanya itu, Ertiga terbaru turut disematkan beberapa fitur keselamatan mumpuni, seperti salah satunya Dual SRS Airbag sebagai fitur pelindung untuk penumpang yang duduk di depan. Fitur tersebut dapat melindungi penumpang tersebut dari kecelakaan parah jika terjadi tabrakan keras.

Tak ketinggalan, mobil ini juga sudah mempunyai fitur Side Impact Beam sebagai salah satu fitur keselamatan standar. Jika terjadi benturan keras dari samping, pengemudi dan para penumpang tidak akan mengalami luka parah karena adanya fitur tersebut.

Tak lupa, ada fitur keselamatan standar lainnya, yaitu sabuk pengaman yang ada di setiap kursi Ertiga terbaru. 

Bagi yang mempunyai balita, jangan khawatir untuk membawa bayinya dengan mobil ini karena sudah dilengkapi fitur ISOFIX yang akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan maksimal bagi penumpang balita.

Ditawarkan dengan harga di bawah Rp300 juta, Suzuki Ertiga terbaru dinilai layak untuk dimiliki oleh para konsumen yang mencari mobil MPV cukup murah, namun dilengkapi fitur-fitur tidak murahan.

Mesin Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga terbaru telah dibenamkan mesin tipe K15B dengan kapasitas 1.5 liter (1.462 cc), 4 silinder dipadu teknologi DOHC, VVT. Tenaga mesin tersebut nantinya disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan CVT.

Menariknya, kombinasi mesin dan transmisinya ini dapat menghasilkan tenaga yang maksimal hingga 103,2 hp pada putaran mesin ke 6.000 rpm dan titik torsi maksimum hingga 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri, Ertiga terbaru menggunakan teknologi MPI (Multi Point Injection) yang dapat membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit dan efisien, serta ramah lingkungan.


Penawaran eksklusif untuk Anda

Dapatkan September Penawaran spesial dari dealer resmi di dekat Anda!
ATAU

Spesifikasi Utama

  • Tipe bodi: MPV
  • Transmisi: Manual/Automatic
  • Kapasitas mesin: 1462 cc
  • Tipe bahan bakar: petrol
  • Kapasitas kursi: 7
  • Harga: RP 201,900,000 - RP 255,150,000

Spesifikasi Utama

  • Tipe bodi: MPV
  • Transmisi: Manual/Automatic
  • Kapasitas mesin: 1462 cc
  • Tipe bahan bakar: petrol
  • Kapasitas kursi: 7
  • Harga: RP 201,900,000 - RP 255,150,000

Ulasan Pengguna tentang Suzuki Ertiga

4.4 Istimewa
Penilaian Keseluruhan
Performa
Desain Interior
Keamanan
Desain Eksterior
Tampilkan 27 ulasan berdasarkan urutan Tahun terakhir
4 Sangat Baik
Samuel
Pemilik Kendaraan 2020 Suzuki Ertiga

Ulasan dari Pemilik All New Ertiga GL MT

Tenaga termasuk okelah dikelasnya, bensin Irit, kabin lega, cuma suspensi agak keras, kalo dibawa diatas kec 130km/jam terasa limbung - Kurangi
4 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Rahmat
Pemilik Kendaraan 2020 Suzuki Ertiga

Review Mobil Suzuki New ertiga 2020 Type sport

Sesaat setelah minor facelift beberapa saat lalu, Suzuki juga turut meluncurkan varian terbaru sekaligus tertinggi di jajaran LMPV-nya, yaitu Suzuki New Ertiga Sport. Varian ini membawakan nuansa eksterior dan interior yang berbeda, meskipun dibalik mesin dan suspensinya masih sama. Meskipun begitu, Suzuki New Ertiga Sport ini sangat menarik dengan harga yang bersahabat juga. Line-up Ertiga masih menjadi tulang punggung bagi Suzuki. Meskipun bukan yang terlaris, Suzuki Ertiga mencatat penjualan yang cukup baik di segmen LMPV yang merupakan pasar paling gemuk di Indonesia, bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio hingga Chevrolet Spin yang sudah discontinued. Eksterior Suzuki New Ertiga Sport Tampilan Suzuki New Ertiga Sport merupakan bagian yang paling mencolok dan membedakan dengan varian lainnya. Kesan polos New Ertiga berubah menjadi sporty dengan body kit yang terpasang di seluruh bagian (depan, samping, belakang). Selain itu, grille depan berupa bilah silver putus-putus digantikan oleh motif timbul 3 dimensi berwarna hitam dan dikelilingi dengan garis chrome di Suzuki New Ertiga Sport. Terdapat LED DRL di bagian atas fog lamp. Untuk lampu utama, Suzuki New Ertiga Sport mengusung model projector, namun masih menggunakan lampu halogen, dengan lampu jauh yang mengandalkan multi-reflector Beralih ke sisi samping, sideskirt yang terpasang membuat Suzuki New Ertiga Sport terlihat lebih padat. Sayangnya, velg dual-tone 15 inch yang berbalut ban 185/65 R15 masih terasa terlalu kecil untuk bodinya yang lumayan besar. Handle pintu berwarna chome membuat tampilan samping sedikit mengganjal untuk desainnya yang seharusnya bernuansa sporty. Untuk bagian belakang, di bagian atas sudah dibekali dengan spoiler yang cukup besar, menambah kesan sporty. Rear defogger juga sudah tersedia sejak minor facelift beberapa bulan sebelumnya. Sayangnya, rear underguard garnish berwarna silver di bagian bawah membuat knalpotnya yang belum ada muffler cutter tidak terlihat. Spesifikasi Eksterior Lampu Utama: Projector (Halogen Lampu Kabut: Halogen Lampu Belakang: LED Combination DRL: Ada, LED Spoiler: Ada Body Kit: Ada, (Depan, Belakang, Samping) Velg: 15" Alloy, two-tone Ban: 185/65 R15 Dimensi Panjang: 4470 mm Lebar: 1735 mm Tinggi: 1690 mm Wheelbase: 2740 mm Min. Turning Radius: 5.2 m Ground Clearance: 180 mm Interior Suzuki New Ertiga Sport Memasuki bagian interior, langsung terasa perbedaan antara tipe sport dan tipe lainnya. Nuansa warna hitam mendominasi interior yang di tipe lain berwarna begie. Aksen panel kayu di dashboard, doortrim, dan roda kemudi masih dipertahankan, mengurangi kesan sporty yang malah membuatnya terlihat elegan. Untungnya, desain intrument meter modern yang memulai angka 0 dari sisi bawah (speedometer dan tachometer) membuat mobil ini terasa seperti mobil sport. Review dan Spesifikasi Suzuki New Ertiga Sport, Tipe Tertinggi yang Tampil Sporty Untuk fitur, Suzuki New Ertiga Sport cukup lengkap dan layak bersaing di kelas LMPV. Terdapat MID digital di bagian tengah instrument meter, di antara speedometer dan tachometer. AC juga sudah digital (sejak minor facelift) yang hebatnya dilengkapi dengan heater (pemanas), menghembuskan udara dingin melalui blower depan dan belakang. Sektor keselamatan juga tidak kalah, dengan dua buah airbags, ABS, EBD, electronic stability programme, hingga hill hold control yang membuat penumpang lebih tenang. Soal ruang kabin, space yang tersedia sama dengan varian lainnya, jauh lebih lega dibandingkan generasi pertama berkat dimensi yang membengkak. Ruang kaki dan ruang kepala sangat memadai di baris pertam dan kedua. Bahkan baris ketiga juga masih layak untuk diisi oleh penumpang dewasa berpostur sedang. Sangat akomodatif untuk sebuah LMPV. Ruang bagasi di belakang juga cukup mumpuni. Jika masih kurang, jok baris ketiga dan kedua masi bisa dilipat untuk menambah space bagasi. Meskipun pengaturan stir hanya tilt saja, posisi mengemudi Suzuki New Ertiga Sport masih tetap ergonomis dengan pengaturan jok driver yang fleksibel dan posisi roda kemudi yang tidak terlalu jauh. Spesifikasi Interior Kapasitas Penumpang: 7 orang Konfigurasi Jok: 2-3-2 Warna Interior: Black Material Dashboard: Hard plastic Material Jok: Fabric Pengaturan Stir: Tilt only Pengaturan Jok: Manual, 6-arah untuk driver Kelengkapan Fitur - Touchscreen Head Unit with Bluetooth and Smartphone Connectiviy - Steering Wheel Audio Control Switch - Tilt Steering - MID - Engine Start/Stop Button - Digital AC with Heater - Rear AC Blower - Cupholder with Chiller - Wooden Panel (Dashboard, Doortrim, Steering Wheel) - Semi-bucket Front Seats - Driver Seat Height Adjuster - 2nd Row Seats Sliding and Reclining - 2nd Row 12V Power Outlet - Foldable Rear Seats - Retractable Electric Mirror with Turning Signal Lamp - Projector Headlamps - LED DRL - LED Rear Lamps - Rear Spoiler - Aero Kit - Rear Underguard Garnish - Rear Defogger - High-mounted Stoplamp - Rear Parking Sensors - Rear Parking Camera - Dual SRS Airbags - Stability Control - ABS - EBD - Electronic Stability Programme (ESP) - Hill Hold Control (HHC) - Isofix - Keyless Entry - Auto-door Lock - Immobilizer Performa Mesin Suzuki New Ertiga Sport Embel-embel "sport" tidak serta-merta membuat mesin Suzuki New Ertiga Sport lebih sporty. Mesin yang dibekalkan masih sama dengan varian lainnya, dengan kode mesin K15B berkapasitas 1500 cc 4 silinder segaris, menghasilkan tenaga maksimum sekitar 105 PS pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi puncak 4400 sebesar 138 Nm di putaran mesin 4400 rpm. Tenaga dan torsinya disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Respon mesin dari Suzuki New Ertiga Sport memang bukanlah yang paling agresif. Tenaganya masih terasa kurang dibandingkan rivalnya Honda Mobilio yang merupakan LMPV dengan output terbesar di kelasnya. Positifnya, penyaluran tenaga terasa smooth dan nyaman. Paling tidak, mesin K15B ini masih terasa lebih bertenaga dari K14B yang dipasangkan di generasi pendahulunya. Spesifikasi Mesin dan Transmisi Mesin: 1.5L K15B DOHC VVT Konfigurasi: 4 silinder segaris, 16 katup Kubikasi: 1462 cc Bore x Stroke: 74 x 85 mm Rasio Kompresi: 10.5:1 Tenaga Maks: 105 PS / 6000 rpm Torsi Maks: 138 Nm / 4400 rpm Bahan Bakar: Gasoline Sistem Bahan Bakar: MPI Kapasitas Tangki: 45 litres Konsumsi BBM: 8-13 km/l (dalkot), 10-16 km/l (lukot) Steering: Rack & Pinion (EPS) Transmisi: 5-speed M/T, 4-speed A/T Drive System: Penggerak Roda Depan (FWD) Kenyamanan dan Handling Suzuki New Ertiga Sport Soal kenyamanan, Suzuki New Ertiga Sport memiliki karakter bantingan suspensi yang empuk dan lembut, sama dengan varian lainnya. Mobil ini merupakan salah satu LMPV paling nyaman disamping Xpander dan Livina. Suspensinya dapat meredam guncangan dengan baik ketika melewati jalanan keriting tanpa banyak mempengaruhi kabin. Meskipun suspensinya empuk, handlingnya juga masih tergolong baik dan predictable. Body-roll memang masih terasa, namun masih dalam batas wajar dan dapat ditakar dengan baik ketika bermanuver. Feedback stirnya sendiri memang masih terasa kurang, namun hal ini bukanlah prioritas bagi sebuah MPV, khususnya LMPV. Spesifikasi Sasis Suspensi Depan: MacPherson Strut Suspensi Belakang: Torsion Beam Rem Depan: Ventilated Disc Rem Belakang: Drum Kelebihan Ertiga Sport: - Transmisi halus - Cukup irit - Ruang kabin lega - Peredaman cukup baik di kelasnya - Suspensi nyaman - Handling lumayan - Sudah ada stability control - Harga relatif terjangkau - Desain lebih sporty dan manis dari varian lainnya Kekurangan Ertiga Sport: - Tenaga mesin biasa saja - Transmisi matik kurang agresif - Velg masih 15 inch - Tidak ada jok kulit - Tidak ada arm rest tengah - Layar head unit kecil, frame terlalu besar - Kurangi
36 orang menilai ulasan ini membantu
4 Sangat Baik
Rio
Pemilik Kendaraan 2020 Suzuki Ertiga

Keluarga Indonesia yah Ertiga

Memilih Suzuki dengan type Ertiga, karena kendaraan ini memiliki kapasitas daya angkut 8 orang, dimana kamu bisa mengajak saudara kamu keliling ibukota atau pulang kampung. Selain bisa angkut banyak, ertiga juga terkenal irit dalam BBM. Bukan hanya irit, keamanan dan kenyamanan yang dimililki Suzuki sudah terjamin. Suzuki juga memberi jaminan dalam suku cadang dan bengkel di seluruh Indonesia. Apalagi buat kamu yang tidak bisa ke bengkel atau kendaraan kamu sedang bermasalah di jalan. Suzuki siap membantu dengan layanan Halo suzuki yang bisa diakses 24 jam. - Kurangi
3 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Irwan
Pemilik Kendaraan 2020 Suzuki Ertiga

Irit dan bukan pelit

Untuk mobil keluarga, ertiga ini menurut saya oke, dari sisi desain, luasnya dan bensinya yang irit. dibanding dengan kompetitornya. ertiga lebih oke dan mantab. thanks - Kurangi
9 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Abdan
Pemilik Kendaraan 2019 Suzuki Ertiga

Nyaman,keren,irit

Suspensi empuk, pas buat keluarga, interior dan eksterior udh keren, irit - Kurangi
17 orang menilai ulasan ini membantu
See all reviews

Berita terbaru

Mobil serupa

Video Terbaru

2021 Suzuki Ertiga
RP 4,061,976/Bulan RP 201,900,000
2021 Suzuki Ertiga
RP 4,061,976/Bulan RP 201,900,000

Whatsapp

Hai, siapa nama Anda?
+62
Masukkan nomor handphone