Masukkan nama Anda di sini
Masukkan alamat email Anda di sini
+62
Masukkan nomor handphone
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi
Kami menghargai privasi Anda. Data pribadi Anda aman bersama kami.

Terima kasih!

Kami telah menerima pengajuan Anda dan kami akan segera menghubungi Anda.
Namun Anda juga dapat menghubungi kami di nomor 021-799 00 77

  • 2021 Honda Brio
    RP 3,045,979/Bulan RP 151,400,000

Sorotan utama

Memiliki desain eksterior sporty Mewakili selera anak muda Memiliki fitur yang ergonomis
Cocok untuk pengendaraan dalam kota Konsumsi bahan bakar irit Harga kompetitif

Tinjauan

Honda Brio model terbaru resmi diperkenalkan di ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) pada 2018 lalu. Sebagai mobil LCGC (Low Cost Green Car) terlaris di Tanah Air, mobil ini tentunya banyak diincar oleh para konsumen Indonesia.

Setelah mengalami pembaruan, tampilan eksterior Brio kini terlihat banyak berubah jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Namun, mesin yang dibenamkan pada mobil ini tidak mengalami perubahan.

Dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya, Brio terbaru dinilai paling unggul untuk soal fun to drive. Salah satu alasannya yaitu mobil tersebut sudah mengandalkan mesin empat silinder yang diklaim dapat meminimalisir getaran berlebih saat kondisi idle.

Desainnya sendiri terlihat lebih sporty dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, Brio terbaru mempunyai dimensi yang agak bongsor dan penambahan fitur untuk lebih menjamin kenyamanan plus keselamatan pengemudi dan para penumpang.

Di Indonesia, Honda Brio ditawarkan dalam lima tipe, yaitu tipe S M/T, E M/T, E CVT, RS M/T, dan RS CVT.

Untuk sebuah LCGC, Brio Satya ini tergolong mahal. Untuk varian terendahnya, Satya S M/T, harganya sedikit lagi mencapai Rp160 juta. Jadi, hanya Brio Satya satu-satunya LCGC alias mobil subsidi yang harganya mau menyentuh Rp 160 jutaan. Harganya bahkan mirip-mirip dengan Suzuki Ignis yang bukan termasuk mobil LCGC.

Sebagai informasi, pada awal 2021, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Brio RS Urbanite. Namun perlu diingat, mobil tersebut bukan tipe tambahan dari Brio. Bukan generasi baru, bukan juga edisi terbatas. Brio RS Urbanite tidak diproduksi dalam jumlah terbatas.

Dengan diluncurkannya mobil tersebut, PT HPM mungkin ingin merayakan pencapaian Brio yang tercatat sebagai mobil paling laris di Indonesia pada 2020.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Honda Brio dari bagian eksterior, interior, dan fitur yang disematkan pada mobil ini.

Eksterior 

Jika melihat tampilan luar Honda Brio terbaru, ada beberapa bagian yang terlihat familiar. Brio ini telah disematkan lampu utama yang mirip dengan kakaknya, Honda Mobilio.

Tak hanya itu, grilnya yang berwarna piano black dan bumpernya pun mengadopsi Mobilio. Hal ini dinilai wajar karena Honda Brio terbaru menggunakan basis yang sama dengan Mobilio serta BR-V.

Lampu utama Brio terbaru dapat mengeluarkan pencahayaan yang cukup terang saat mobil dibawa berkendara di malam hari ataupun cuaca berkabut. 

Selain itu, mobil ini juga disematkan fog lamp atau lampu kabut serta kaca dengan lapisan heat rejecting. Kaca tersebut sangat berguna saat mobilnya berkendara di cuaca panas yang terik.

Beralih ke bagian samping, dari pilar B ke depan dinilai masih mirip dengan Brio model sebelumnya. Perbedaannya terletak pada pilar B ke belakang dimana jarak antar ban Brio terbaru didesain lebih panjang.

Di sisi lain, Brio sudah meninggalkan panel kaca berukuran besar di pintu belakang. Kini, desainnya berubah total jadi membulat ala kapsul yang terkesan lebih kekinian. 

Dilihat secara sekilas, Brio terbaru mirip Mitsubishi Mirage, tapi bisa juga dibilang mirip dengan Datsun Go yang memiliki lampu belakang Freed.

Jika melihat area kaca spion samping secara lebih detail, didesain polos sewarna bodi. Selain itu, lampu sein samping disematkan di bagian fender depan.

Bagian atas Brio kini memakai spoiler yang terintegrasi dengan high mount stop lamp panjang dan membulat. Selain itu, mobil tersebut juga sudah memiliki antenna dan wiper belakang 

Honda Brio Satya terbaru telah mengadopsi beberapa fitur cukup menarik pada mobil besutannya ini, mulai dari body spoiler with LED high mount stop lamp dan rear wiper seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hingga rear combination lamp. 

Namun sayangnya pada area bumper bawah Honda Brio Satya terbaru dibuat polos, tidak seperti versi RS yang memiliki bumper garnish dengan aksen diffuser.

Tampilan eksterior Brio terbaru secara keseluruhan terlihat lebih sporty serta modern dengan dilengkapi berbagai fitur cukup lengkap di bagian eksteriornya.

Interior

Tampilan dalam Honda Brio terbaru terkesan sporty serta kekinian dimana adanya tambahan aksen garis berwarna oranye di bagian dasbor.

Selain itu, desain dasbornya kini tampil dengan tema single tone berkelir hitam dengan aksen lining berkelir silver yang memberikan kesan cukup modern.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna selama perjalanan, Brio terbaru sudah dibekali sistem pendingin AC Digital yang diklaim bisa lebih cepat mencapai suhu nyaman. Saat cuaca panas, pengemudi dan penumpang tidak akan merasa kepanasan. 

Pada bagian pengemudi, terdapat setir kemudi yang masih menggunakan desain model sebelumnya dan tetap hanya bisa diatur tinggi-rendah (tilt steering).

Selain itu, terdapat head unit layar sentuh seluas 6,1 inci yang dapat memutar lagu kesukaan dari CD/DVD, AM/FM Radio, iPod/iPhone, bluetooth, dan USB. Tidak hanya itu, terdapat juga tweeter agar suara dari audio mobil ini terdengar jernih.

Di sisi lain, door trim Brio terbaru menggunakan bahan plastik yang tidak terkesan murah jika dibandingkan dengan Karimun, Agya, serta Datsun GO.

Kualitas plastiknya masih terasa lebih solid dengan memakai motif carbon. Namun sayangnya, tuas lampu sein dan wiper Brio terbaru terlalu tipis.

Di bagian belakang, penyimpanan barang di kabin mobil ini terlihat tidak ada bedanya dengan model sebelumnya, namun dari ukurannya, lebih besar punya Brio terbaru. Pengguna bisa memuat barang cukup banyak dalam mobil ini.

Fitur

Mengenai fitur, Honda Brio memang tidak disematkan fitur terlalu lengkap. Namun untuk ukuran LCGC, fitur mobil ini dinilai cukup lengkap dan mudah diatur.

Untuk varian E, terdapat AC digital. Dari desainnya, panel AC tersebut terlihat lebih modern dan enak dilihat. Tombol di bagian kiri untuk mengatur kipasnya, sedangkan tombol yang kanan berfungsi menaik-turunkan temperaturnya.

Selain itu, terdapat tombol MAX COOL untuk menyalakan AC langsung ke suhu yang paling dingin. Namun, AC Brio terbaru tidak memiliki fitur untuk mengatur buka tutup sirkulasi, atau defogger dan defroster, tapi ada pilihan mengatur arah angin ke kaki.

Menariknya, pencahayaan di instrumen cluster dinilai seperti menyambut orang yang masuk ke mobil. Saat buka kunci dari remote dan buka pintu mobil ini, instrument clusternya yang nyala agak redup. 

Tapi setelah dicolok kuncinya, nyala lampunya langsung terang. Ada pula tombol pengatur audio setir khusus di varian E agar pengemudi tetap fokus selama berkendara saat ingin mengatur audio mobilnya.

Khusus varian E juga, ada wiper belakang, tapi pengatur wiper tersebut hanya untuk nyala atau mati dan tak ada intermittent. Varian tertinggi Brio terbaru turut disematkan fog lamp yang kontrolnya menyatu di tuas utama, serta ada fitur auto lock dan unlock.

Untuk fitur keamanan, Brio kini sudah dilengkapi immobilizer di setiap varian, jadi tidak bisa pakai sembarang kunci duplikat untuk menghidupkan mesinnya. Lebih menariknya lagi, kunci mobil ini sudah memakai keyless entry, jadi buka kunci pintunya tidak perlu menggunakan lubang kunci manual.

Dengan demikian, keamanan Brio terbaru lebih terjamin bagi para penggunanya. Pencurian di mobil ini pun bisa dihindari.

Mesin

Seperti diketahui sebelumnya, mesin Brio terbaru tidak mendapatkan pembaruan. Mobil ini mempunyai mesin tipe L12B dengan kapasitas 1.199 cc, 4 silinder, SOHC, i-VTEC yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 89 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm.

Tenaga mesin Brio tersebut nantinya disalurkan melalui dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan CVT.

Mungkin bagi beberapa orang, tenaga mesin yang dimiliki Brio ini kecil, namun bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?

Berdasarkan test drive drive yang sudah dilakukan, diakui Honda Brio mempunya mesin yang bertenaga namun tetap irit konsumsi bahan bakar. Dalam percobaan adu irit, Brio terbaru mencatat angka konsumsi bahan bakar 1:30,1 km per liter dalam perjalanan rute tol.

Selain itu, untuk rute kombinasi, Brio terbaru mendapatkan angka konsumsi bahan bakar 1:16 km per liter. Angka-angka konsumsi bahan bakar yang diraih mobil tersebut tentunya impresif.

Bahkan, konsumsi bahan bakarnya lebih baik dari regulasi mobil LCGC yang ada di angka 1:20 km/liter.



Penawaran eksklusif untuk Anda

Dapatkan Oktober Penawaran spesial dari dealer resmi di dekat Anda!
ATAU

Spesifikasi Utama

  • Tipe bodi: Hatchback
  • Transmisi: Manual/Automatic
  • Kapasitas mesin: 1199 cc - 1200 cc
  • Tipe bahan bakar: petrol
  • Kapasitas kursi: 5
  • Harga: RP 151,400,000 - RP 203,700,000

Spesifikasi Utama

  • Tipe bodi: Hatchback
  • Transmisi: Manual/Automatic
  • Kapasitas mesin: 1199 cc - 1200 cc
  • Tipe bahan bakar: petrol
  • Kapasitas kursi: 5
  • Harga: RP 151,400,000 - RP 203,700,000

Ulasan Pengguna tentang Honda Brio

4.9 Istimewa
Penilaian Keseluruhan
Performa
Desain Interior
Keamanan
Desain Eksterior
Tampilkan 17 ulasan berdasarkan urutan Tahun terakhir
5 Istimewa
Susan
Pemilik Kendaraan 2020 Honda Brio

Sangat cocok buat anak muda

Mobil yang ga makan banyak tempat kapasitas buat 4-5 orang buat 1 keluarga pas, tampilan ok garang dan cukup irit bahan bakar, menurut saya sih sangat unik bodynya. - Kurangi
13 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Zeydan
Pemilik Kendaraan 2019 Honda Brio

Produk paling sukses di kelasnya

Honda Brio punya fitur sensor² keselamatan yg sangat berguna bagi orang yg suka lupa dlm mengatur kendaraannya. Super irit. Performa, kenyamanan berkendara dan bermanuver, juga model eksteriornya adalah terbaik di kelasnya. Yg saya ketahui, Honda melakukan riset khusus utk menciptakan Brio model terbaru agar sesuai selera dan kebutuhan lokal Indonesia, tidak heran klo jadi sukses besar. Seharusnya Honda melakukan hal serupa untuk Mobilio & BRV. - Kurangi
10 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Ahmad
Pemilik Kendaraan 2019 Honda Brio

Honda Brio Paling Fun To Drive

Brio memang mobil yang imut-imut dan sangat menarik. Honda sudah mendesainnya dengan sangat cerdas agar bisa memperbaiki segalanya di ruang sesempit itu. Mobil bertenaga super dengan ukuran kecil yang dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan sehingga stabilitasnya sangat baik dan menjadi mobil yang sangat andal. Tenaganya yang sangat mantap jika dibandingkan dengan ukurannya. Dengan semua fitur keselamatan dan kamera parkir mundurnya, honda brio menjadi mobil yang sangat andal. Harganya juga terjangkau sesuai dengan kebutuhan untuk kendaraan minimalis. Mobil ini memiliki design paling keren dikelasnya, plus sangat gesit dan irit. Nyaman banget untuk dibawa berkendara santai. Dalam hal pemakaian Honda Brio yang saya dapatkan adalah bahwa setiap jenis atau merk kendaraan memilliki kualitas yang berbeda dengan keistimewaan tersendiri. Baik dari segi performa, desain interior maupun eksterior, dan juga dari segi keamanan mobil tersebut. Dan dalam pemakaian mobil ini, saya menyadari bahwa semakin berkembangnya dalam pembuatan mobil jenis baru, maka semakin tinggi intensitas dalam perawatannya pada saat pemakaian, apalagi dengan teknologi yang semakin maju dalam memberikan pelayanan terhadap pemakai sangatlah baik dan membuat nyaman. - Kurangi
16 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Sarah
Pemilik Kendaraan 2019 Honda Brio

Pas untuk Kebutuhan

Harga yang dibayar sesuai dengan yang didapat. Mobil ini memang minimalis, tapi design-nya yang paling ciamik dikelasnya. Penggunaan bahan bakar cenderung irit tapi performa mesin sangat oke dan gesit, nyaman dibawa berkendara santai maupun ngebut. Sesuai kebutuhan untuk yang ingin bepergian dalam kota dengan jumlah penumpang sedikit - Kurangi
17 orang menilai ulasan ini membantu
5 Istimewa
Fika
Pemilik Kendaraan 2018 Honda Brio

Memang terbaik dikelas nya

Pakai all new brio rs matic langsung suka dengan perubahan baru nya lebih sporty comfortable bagasi nya karna yg sebelum nya full kaca jadi kurang puas desain nya pas all new brio ini keluar aku langsung beli krna keren perubahan nya lumayan mobil buat di ibukota dengan cc1.200 kurleb pasti nya irit untuk keluar kota juga masih oke & tangguh di kelas nya am - Kurangi
2 orang menilai ulasan ini membantu
See all reviews

Berita terbaru

Mobil serupa

Video Terbaru

2021 Honda Brio
RP 3,045,979/Bulan RP 151,400,000
2021 Honda Brio
RP 3,045,979/Bulan RP 151,400,000

Whatsapp

Hai, siapa nama Anda?
+62
Masukkan nomor handphone